Orang tua dan guru harus bisa bekerja sama untuk membantu mengembangkan karakter yang ada di dalam diri anak. Inilah sebabnya keduanya harus bisa bersama-sama mendidik anak memiliki pribadi yang baik.

Prinsip utama dari hal ini adalah agar murid bisa menjadi lebih imbang dan ada yang mendukungnya baik di rumah atau pun di sekolah.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh guru atau pun orang tua untuk semakin meningkatkan pembelajaran karakter anak.

1.Melakukan Pertemuan Guru dan Orang Tua

Guru harus bisa memahami kondisi anak sebelum mengembangkan karakter yang ada di dalam diri muridnya. Nah, untuk itu mereka memerlukan bantuan dari orang tua untuk bisa lebih memahami sebenarnya apa kebiasaan yang dilakukan oleh sang anak saat berada di rumah.

Dalam pertemuan ini, orang tua dan guru juga harus saling menanamkan kesadaran diri mengenai pentingnya peran dari orang tua di dalam penumbuhan karakter anak.

2. Ingatkan Orang Tua Perannya di Rumah

Meski pun guru memang memiliki tugas untuk mengembangkan karakter murid di sekolah, namun orang tua adalah sosok yang wajib untuk mengembangkan karakter anak. Karakter anak terbentuk melalui apa yang ia lihat, ia dengar, dan dia rasakan setiap harinya. Inilah yang membuat peran dari orang tua sangat berpengaruh kepada perkembangan karakter anak.

Guru bisa membantu orang tua dengan memberikan mereka pengertian seberapa kuat pengaruh dari diri mereka terhadap anak melalui penelitian yang sudah dilakukan.

3. Melakukan Seminar Tentang Anak dan Orang Tua

Sekolah juga bisa melakukan seminar yang dapat membantu pemahaman orang tua mengenai pola mengasu anak yang baik, sehingga membantu mereka untuk mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk membuat anak memiliki karkater yang berkembang dengan baik.

Saat ini semakin banyak pembicara yang membahas mengenai pola asuh anak. Cari pengasuh yang memang benar-benar memahami soal ini dan juga sudah terbukti hasil seminarnya.

4. Melakukan Komunikasi Langsung dengan Orang Tua

Untuk bisa lebih memahami tentang anak, guru bisa sering melakukan komunikasi kepada anak secara pribadi. Di sini seorang guru bisa lebih menanyakan sebenarnya karakter seperti apa yang umumnya ditunjukkan oleh sang anak saat di rumah. Ini bisa membantu guru lebih memahami kondisi anak saat mengajarnya di kelas.

5. Mengadakan Kegiatan Orang Tua dan Anak di Sekolah

Terakhir, sekolah bisa mencoba untuk melakukan kegiatan yang menghubungkan antara orang tua dan anak. Seperti misalnya hari ibu, anak bisa membawa ibu mereka untuk melakukan kegiatan di sekolah.

Hal-hal seperti ini bisa membantu hubungan antara orang tua dan anak menjadi semakin erat dan tentunya membuat karakter anak menjadi lebih terbangun.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh guru atau pun orang tua untuk membantu pengembangan karakter anak.